Jerawat adalah salah satu penyakit paling memalukan dan menjengkelkan yang bisa diderita seseorang. Sebagian besar dari kita pada tahap tertentu kehidupan terutama di masa remaja telah berjuang melawannya. Jerawat terjadi di wajah dan di seluruh tubuh – di dada, punggung, lengan atas, dan kaki.

Meskipun jerawat sedang mudah diobati, jerawat parah membutuhkan waktu dan upaya untuk membersihkannya dan dapat meninggalkan noda tidak hanya pada kulit tetapi juga pada jiwa seseorang. Untungnya saat ini semua jenis jerawat bisa diobati jika ada yang sabar dan berkepanjangan. Langkah pertama perawatan jerawat tubuh adalah memahami penyakitnya dengan baik.

Apa itu jerawat?

Jerawat yang biasa disebut jerawat adalah erupsi kulit yang terjadi akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak dan sel-sel mati. Jerawat wajah merupakan kondisi yang sangat umum dihadapi oleh masyarakat khususnya remaja. Jerawat tubuh atau jerawat di bagian tubuh lainnya sama-sama umum tetapi kurang dibahas. Orang yang menderita jerawat badan lebih mungkin juga menderita jerawat wajah.

Apa penyebab wabah jerawat?

Jerawat disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif atau kelenjar yang mengeluarkan minyak yang ditemukan di seluruh tubuh kecuali di telapak tangan dan telapak kaki. Kelenjar ini mengeluarkan banyak minyak yang bercampur dengan keringat dan kulit mati yang menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri. Komedo, komedo putih, pustula dan kista semuanya disebabkan karena ini. Faktor-faktor berikut meskipun tidak secara langsung menyebabkan jerawat mungkin berperan dalam memperburuknya.

Kebersihan yang buruk:

Kurangnya pembersihan kulit secara teratur menyebabkan penumpukan keringat dan sel-sel mati yang bercampur dengan minyak dan menyumbat pori-pori kulit. Bakteri juga berkembang biak dan timbul jerawat. Perawatan jerawat tubuh lebih sulit daripada perawatan jerawat wajah karena pori-pori tubuh lebih besar.

Meskipun kebersihan yang buruk bukanlah penyebab langsung dari jerawat, ini adalah faktor yang membuatnya semakin parah. Jika Anda suka sering berolahraga, pastikan untuk mandi dan jaga kebersihan diri setelah berkeringat.

Menekankan:

Stres adalah salah satu penyebab jerawat yang sudah terbukti. Stres sehari-hari terkadang menjadi kronis yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Kelenjar adrenal kita melepaskan lebih banyak kortisol yang pada gilirannya membuat kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak. Stres juga mengurangi kekebalan tubuh sehingga membuat perawatan jerawat tubuh menjadi sangat sulit karena noda tidak cepat sembuh.

Latihan rutin dan pola tidur yang nyenyak adalah cara yang sangat mudah untuk mengurangi stres. Kondisi tubuh lain yang mengganggu siklus hormon normal seperti kehamilan di mana kelebihan hormon progesteron dilepaskan juga memicu timbulnya jerawat.

Diet tidak seimbang:

Pengaruh diet terhadap jerawat belum terbukti secara ilmiah. Tetapi tidak dapat disangkal fakta bahwa diet seimbang yang menggabungkan biji-bijian, sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan bertanggung jawab untuk tubuh yang sehat dan bercahaya.

Perawatan jerawat tubuh menurut ilmu ms glow merekomendasikan diet kaya cairan, buah jeruk dan sayuran hijau bersama dengan pengurangan konsumsi minyak dan makanan pedas. Diet seperti itu menghidrasi tubuh dengan membuang limbah secara efisien yang sangat membantu dalam mengurangi jerawat. Namun jerawat sedang hingga parah mungkin memerlukan pengobatan bersama dengan diet sehat.

Gesekan karena pakaian yang tidak tepat:

Pakaian ketat atau sintetis yang menyebabkan keringat dapat meningkatkan jerawat. Saat menderita jerawat, seseorang harus mengenakan pakaian berbahan katun longgar yang memungkinkan tubuh bernafas.

Bagaimana cara mengobati jerawat?

Perawatan jerawat tubuh dan perawatan jerawat wajah bergantung pada tingkat keparahan kondisinya. Meskipun jerawat ringan dapat diobati dengan produk yang dijual bebas, kasus jerawat yang parah harus ditangani oleh dokter atau dokter kulit sesegera mungkin. Metode pengobatan berikut umumnya digunakan.

Untuk pembersih dan krim jerawat ringan yang mengandung bahan-bahan yang dapat melawan jerawat seperti asam salisilat (mengeringkan bekas luka), benzoyl peroxide (mengurangi penyumbatan pori-pori), asam alfa-hidroksi (mengeringkan bekas luka) dan minyak pohon teh (membunuh bakteri) dapat digunakan.
Untuk jerawat yang parah, dokter meresepkan antibiotik yang mengandung eritromisin atau tetrasiklin yang membunuh bakteri. Untuk kasus yang sangat parah Accutane dapat diresepkan tetapi sering diberikan sebagai pilihan terakhir karena memiliki beberapa efek samping.

Perawatan jerawat tubuh jika diikuti secara teratur pasti akan membuahkan hasil dan membebaskan Anda dari jerawat yang ditakuti. Anda sepenuhnya mengontrol hasil dari kondisi jerawat Anda. Anda harus memaksakan diri Anda sendiri beberapa tindakan disipliner dan mengikuti aturan ketat yang diberikan oleh dokter kulit. Bersabarlah dengan hasilnya dan Anda akan menuju gaya hidup bebas jerawat.

 

Jerawat Tubuh – Mengobatinya Dengan Cara yang Benar

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *